MSG

Mengenal Penyedap Rasa Makanan monosodium glutamat atau MSG

Mengenal Penyedap Rasa Makanan monosodium glutamat atau MSG – Garam adalah salah satu penyedap rasa yang umum di gunakan pada setiap makanan.

Karena dengan garam, makanan menjadi lebih terasa nikmat. Selain itu, ada juga penyedap rasa makanan lain, yaitu monosodium glutamat atau MSG.

Apakah MSG sama dengan Garam?

Jawabannya adalah beda.

Karena MSG terdiri dari molekul garam yang diracik bersama asam glutamat, sehingga MSG mampu menghasilkan rasa gurih (umami) pada makanan, berbeda dengan garam yang hanya terasa asin.

Sebenarnya asam glutamat bisa ditemukan di semua bahan dasar makanan. Terutama makanan yang berprotein tinggi seperti; daging, susu, ikan maupun sayuran. Rasa gurih pada MSG disebabkan oleh asam glutamat yang terkandung didalamnya. Tak heran bila banyak para ibu rumah tangga yang suka menggunakan MSG.

Banyak masyarakat yang berasumsi bahwa MSG itu berbahaya.

Karena ada seorang dokter yang bercerita bahwa, ada reaksi negatif yang muncul akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG, pada tahun 1968.

Kemudian, sebuah penelitian medis yang terbit pada tahun 2011 mengatakan bahwa; seorang yang mengkonsumsi MSG dalam jumlah yang tinggi (4,2 gram perhari) akan lebih rentan terkena obesitas. Daripada seorang yang jarang mengkonsumsi MSG.

Jadi, apakah MSG aman?

Badan pangan amerika serikat telah menyatakan bahwa MSG merupakan bahan penyedap rasa makanan yang aman untuk di gunakan. Namun, tidak untuk di gunakan berlebihan. Sedangkan, banyak orang yang menggunakan MSG dalam setiap masakan, yang artinya digunakan hampir setiap hari.

Hal ini menjadi salah satu faktor penghalang, bagaimana rasa makanan bila masak tanpa pakai MSG?

Gunakan Penguat Rasa Makanan Kaldu

Penyedap rasa makanan

Sama halnya dengan masak sup, sebelum masak pasti kita menyiapkan kaldu kan? Seperti kaldu ayam, atau kaldu sapi. Karena kaldu dapat menghasilkan rasa gurih pada sup.

Bukan hanya itu saja, perasa kaldu juga mudah dan sehat untuk dibuat.

Selain kaldu ayam dan sapi, ada juga kaldu lain yang rasanya tidak kalah dari kaldu ayam dan sapi. Yaitu, kaldu jamur.

Mungkin kaldu jamur terdengar asing, tapi kalian harus tahu. Kalau kaldu jamur memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh kita. Dan kaldu jamur cocok untuk yang tidak mengkonsumsi daging. Dengan menggunakan kaldu sebagai penyedap rasa, masakan menjadi lebih sehat dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *